Rabu, 05 Mei 2010

Microsoft Turut Kurangi Sampah Elektronik

Microsoft bergabung dengan produsen komputer Dell untuk mengurangi masalah sampah elektronik di seluruh dunia. Mereka tergabung dalam program yang dijalankan Goodwill Industries International untuk menggalang kesadaran mendaur ulang sampah-sampah yang kerap mengandung bahan berbahaya tersebut. Program ini sebenarnya sudah berjalan sejak 2004 silam dengan nama 'Reconnect'. Goodwill mengumpulkan komputer bekas dan alat-alat elektronik lainnya untuk didaur ulang dan digunakan kembali.

Laman VentureBeat melaporkan bahwa mulai Hari Bumi Internasional yang dirayakan pada Kamis, 22 April 2010 kemarin, Goodwill akan menerima sampah barang elektronik produksi Microsoft seperti Zune dan Xbox bekas pakai. Sebelumnya, Goodwill telah menerima komputer bekas pakai buatan Dell.Tidak semua barang bekas yang diambil Goodwill diproses untuk didaur ulang. Seluruh sampah elektronik diperiksa dengan ketat.

Sampah-sampah tersebut diberi nilai sesuai kadar kerusakan atau keterpakaiannya. Jika masih bisa diperbaiki, sampah itu dapat dijual dengan potongan harga besar. Barang-barang lain yang tidak bisa diselamatkan langsung dihancurkan dan didaur ulang. Gooodwill melaporkan bahwa program 'Reconnect' ini telah berhasil menyelamatkan barang elektronik yang masih bisa dipakai senilai 96 juta poundsterling.

Selain Goodwill, sejumlah toko alat tulis kantor seperti Office Depot dan Staples juga menawarkan layanan pemilahan dan daur ulang sampah elektronik. Namun tidak seperti Goodwill yang memberikan layanan ini cuma-cuma, sebagian besar menarik bayaran sebesar antara US$ 10 hingga US$ 30. (hs)

sumber : vivanews.com

0 komentar:

Posting Komentar