Kamis, 05 November 2009

Motivasi Pada diri Manusia Biasa

Motivasi Pada diri Manusia Biasa

TAHUKAH ANDA APA MOTIVASI ITU ?

Apa yang kalian ketahui tentang motivasi ?... apa itu motivasi ?... motivasi adalah keadaan dalam pribadi seseorang yang mendorong keinginan individu untuk melakukan kegitan kegiatan tertentu guna untuk mencapai tujuan dan hasil yang terbaik yang berguna bagi dirinya sendiri.

Motivasi digolongkan dibagi menjadi dua bagian :

* Motivasi fisiologis

* Motivasi psikologis

Motivasi fisiologis menurut saya adalah motivasi dalam fisik kita, yaitu motivasi yang timbul dengan keinginan kita sendiri, yang tujuan nya agar sesuatu apapun itu dapat bejalan dengan baik dan lancar sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Motivasi psikologis adalah motivasi yang timbul pada psikis kita, atau pada pikiran kita yang berpikir agar hidup dan jalan saya kedepan wajib lebih baik dari pada sekarang untuk itu di timbulkan motivasi.

TEORI MENGENAI MOTIVASI

a) Teori X dan Teori Y menurut Mc greger.

Anggapan yang mendasari teori X adalah :

1. Rata rata pekerja itu malas

Para pekerja pada umumnya memiliki sifat malas yang luar biasa dia tidak suka bekerja dan akan menghindarinya bila dapat pekerjaan tersebut.

2. Pada dasarnya pekerja itu malas

Para pekerja tidak suka bekerja maka harus dipaksa, dikendalikan, dengan hukuman dan diarahkan untuk mencapai tujuan organisasi yang lebih baik

.

3. Para pekerja lebih senang dibimbingPekerja biasanya lebih senag dibimbing mereka berusaha menghindari tanggung jawab nya dari bekerja, ambisinya sangat kecil karena dia lebih mengutamakan keamanan dirinya sendiri diatas segala galanya.

Anggapan yang mendasari teori Y adalah :

1. Usaha phisik dan mental

Usaha phsik dan mental manusia dalam bekerja adalah sebagai kodratnya manusia sama halnya dengan beriman dan beristirahat. Jadi membiasakan manusia dalam bekerja sama seperti dengan beriman dan beristirahat agar mudah terbiasa dalam bekerja.

2. Rata rata manusia bersedia dalam belajar.

Rata rata para pekerja bersedia belajar dalam kondisi yang layak. Tetapi tidak hanya menerima tetapi juga memberikan rasa tanggung jawab.

3. Kemampuan yang besar dalam kecerdikan.

Kemampuan yang besar dalam kecerdikan. kreatifitas dan daya imajinal, untuk memecahkan suatu masalah dalam pekerjaan.

4. Pengendalian yang ekstrem.

Pengendalian yang ekstrem dan hukuman bukan satu satunya cara untuk mengarahkan usaha penyampaian situ tujuan organisasi

5. Keterikatan

Keterikatan pada tujuan organisasi adalah fungsi penghargaan yang diterima akan prestasinya dalam pencampaian suatu tujuan.

6. Organisasi seharusnya memberikan kemungkinan orang untuk mewujudkan prestasinya.

b) Teori Hirarki menurut Maslow.

Teori maslow menurut saya adalah salah satu teori motivasi yang ada pada semua diri manusia, termasuk saya lebih cendrung kepada teori Maslow ini. Kerena apa yang dibutuhkan manusia dalam suatu motivasi ada semua konsep pada maslow. Yaitu kebutuhan kebutuhan motivasi. Diantaranya.

§ Kebutuhan fisiologis

§ Kebutuhan keamanan

§ Kebutuhan social

§ Kebutuhan penghargaan

§ Kebutuhan aktualisasi diri.

v Kebutuhan fisiologis

Kebutuhan fisiologis ini sangat amat dibutuhkan oleh manusia karena tanpa fisiologis ini manusia tidak bisa berpikir secara jernih jelas dan lugas. Jadi kebutuhan ini sangat dibituhkan.

v Kebutuhan keamanan

Untuk menjaga diri kita dari serangan berbagai lawan yang ingin membuat kita hancur maka kita sangat membutuhkan kebutuhan keaman dalam motivasi kita. Karena tanpa kebutuhan keamanan kita akan mudah hancur malah bisa lebur karena pada diri kita tidak adanya motivasi keamanan.

v Kebutuhan social

Kebutuhan social ini amat dibutuhkan juga untuk menyusaikan diri kita terhadap lingkungan sekitar dan masyarakat agar bisa bergabung dan menyatu tumbuh menjadi satu tannpa adanya suatu perbedaan.

v Kebutuhan penghargaan

Kebutuhan penghargaan dibutuhkan oleh manusia sebagai pengakuan dari masyarakat dan lingkungan kita dimana kita berada sebagai bentuk apresiasi mereka terhadap kita kerena telah berprestasi. Sehingga memacu motivasi kita untuk menjadi yang lebih baik lagi.

v Kebutuhan aktualisasi diri

Kebutuhan aktualisasi diri adalah menurut saya kebutukan akan keyakinan pada diri kita sendiri. Dan menurut saya ini kepentingan yang cukup penting juga dalam diri kita untuk memacu motivasi kita agar sesuai dengan harapan, keinginan, dan tujuan kita masing masing.

c) Teori prestasi Mc. Clelland.

Seseorang dianggap mempunyai motivasi prestasi yang tinggi apahbila dia mempunyai keinginan untuk berprestasi yang lebih baik dan pada yang lain dalam banyak situasi.

Memusatkan perhatianya pada tiga kebutuhan yaitu :

§ Kebutuhan prestasi

§ Kebutuhan afliasi

§ Kebutuhan kekuasaan.

d) Teori motivasi dua faktor Herzberg

· Pemanas kerja

Pemanas kerja (job satisfer) motivasi yang menyangkut isi pekerjaan

· Penyebab ketidakpuasaan dalam bekerja

Ketidakpuasaan dalam bekerja (job disatiesfer) menyangkut yang bersangkutaan dengan suasana pekerjaan

Keterangan :

Satiesfiers : Motivator

Dissatiesfiers : Faktor faktor yang Higienis.

0 komentar:

Posting Komentar