Apa yang kalian ketahui tentang komunikasi itu? Apa sih komunikasi? Sebelum kita berbicara tentang komunikasi antara karyawaan dan pimpinan dalam sebuah perusahaan, kita pelajari dulu apa itu materi komunikasi. Komunikasi adalah suatu proses tentang penyampaian informasi baik lisan maupun tulisan yang berasal dari satu orang kepada orang lain yang berbeda.
Komunikasi mempunyai beberapa unsur, antara lain komunikator, menympaikan pesan berita yang disampaikan, tanggapan atau reaksi, dan tentunya komunikasi. Penyaluran melalui komunikasi melalui idea atau sesuatu gagasan yang akan disampaikan, yang kedua melalui perumusan sutu masalah yang akan dibicarakan dalam kata-kata, yang ketiga adalah penyaluran baik berupa lisan maupun tulisan keempat adalah tindakan yang berupa perintah untuk melaksanakanya komunikasi dengan orang lain, kelima pengertian kata katanya menjadi sebuah ide. Dan yang terakhir penerimaan berita atau penangkap berita sutu informasi terhadap orang yang terakhir.
Komunikasi antara karyawaan dengan pimpinan perusahaan tempat karyawaan bekerja, tidak hanya terjadi di dalam sebuah perusahaan saja tetapi di luar juga bisa berkomunikasi dengan pimpinan tersebut namun tentunya dengan berbeda tempat dan kondisi. Komunikasi antara karyawaan dan pimpinan perusahaan biasanya terjadi ketika diadakanya rapat perusahaan atau pun meeting dalam perusahaan tersebut. Selain kedua acara tersebut hubungan antara karyawaan dan pimpinan perusahaan sekan akan cukup jauh bagaikan bumi dan langit.
Pimpinan perusahaan jarang bahkan bisa sama sekali tidak berkomunikasi dengan karyawaanya jika tidak ada omongan yang menurut pimpinan cukup penting. Akibatnya timbul desas desus antara karyawaan satu dengan yang lain hingga terjadi kabar angin yang numpang lewat saja.
Komunikasi informasi dalam sebuah perusahaan biasanya lebih dominan pada komunikasi antara sesama karyawaan, dalam organisasi biasanya disebarkan melalui desas desus dan kabar angin yang biasanya dari mulut ke mulut, dan dari orang satu ke orang yang lain dimana nilai kebenaranya tidak bisa dijamin, kerena biasanya omonganya tidak bisa dipercaya atau hanya hasutan hasutan yang bertentangan dengan perusahaan.
Komunikasi sesama karyawaan atau komunikasi satu lawan satu dari mulut ke mulut dan orang satu ke orang yang lain, adalah komunikasi dalam bentuk informal, karena tidak melibatkan pimpinan perusahaan yang ada hanya karyawaan saja. Maka dengan adanya komunikasi informal yang kurang baik dalam sebuah perusahaan, melalui pimpinan perusahaanlah bentuk komunikasi informal bisa diubah menjadi bentuk komunikasi formal. Sehingga dengan komunikasi formal melalui pimpinan perusahaan tidak mengakibatkan timbulnya desas desus dan kabar angin yang meresahkan para karyawaan dalam sebuah perusahaan.
Hambatan hambatan yang terjadi dalam komunikasi diantaranya adalah.
Hambatan yang berupa teknis
Hambatan yang berupa sematik
Hambatan terhadap prilaku
Klasifikasi dalam sebuah organisasi terjadi bedasarkan
ü Sifatnya
ü Arahnya
ü Lamanya
ü Keresmianya
Komunikasi bedasarkan sifatnya terbagi lagi menjadi empat diantaranya adalah komunikasi bedasarkan lisan, tertulis, verbal dan non verbal. Komunikasi doidalam sebuah perusahaan yang terjadi antara karyawan dan karyawaan maupun antara karyawan dan pemimpin bisa terjadi bedasarkan lisan, tertulis verbal maupun verbal segala jenis bisa masuk. Tetapi yang sering digunakan adalah komunikasi secara lisan karena lebih mudah tentunya juga lebih instan.
Berbeda dengan komunikasi antara karyawaan dan pemimpin yang berbanding sama digunakanya keduanya antara lisan dan tertulis. Komunikasi bedasarkan arahnya terbagi lagi menjadi tujuh bagian antara lain adalah komunikasi atas, komunikasi bawah, diagonal atas, diagonal bawah, horizontal, satu arah dan dua arah. Dalam perusahaan komunikasi dalam berbagai jenis arah tetap digunakan sebagaimana semestinya tetapi lebih kearah komunikasi yang lebih penting.
Komunikasi menurut lawanya dibagi lagi menjadi 3 bagian diantaranya,
a) Komunikasi satu lawan satu
b) Komunikasi satu lawan banyak
c) Komunikasi lawan kelompok
Komunikasi satu lawan satu komunikasi yang biasa terjadi antara sesama manusia, komunikasi yang biasa disebut dari mulut ke mulut, komunikasi satu lawan banyak adalah komunikasi yang terjadi antara satu pimpinan perusahaan dengan para karyawaanya saat acara rapat ataupun meeting. Dimana satu orang pimpinan dan banyaknya karyawaan. Komunikasi lawan kelompok adalah komunikasi antara dua kelompok yang berbeda biasanya terjadi saat acara debat ataupun diskusi kelompok yang melibatkan dua kelompok atau lebih.
Dan yang terakhir komunikasi bedasarkan keresmianya terbagi menjadi dua. Yang pertama adalah komunikasi secara formal dan yang kedua komunikasi secara informal. Komunikasi secara formal adalah komunikasi yang terjadi antara sebuah petinggi dengan anak buahnya, ataupun dalam sebuah perusahan komunikasi antara pemimpin perusahaan dengan karyawaanya didalam sebuah perusahaan. Biasanya terjadi saat acara rapat ataupun meeting. Komunikasi secara informal adalah komunikasi yang terjadi antara karyawan dengan karyawanya, ataupun pimpinan dengan pimpinan yang mempunyai jabatan yang sama.
0 komentar:
Posting Komentar