Jumat, 06 Juli 2012

Latar Belakang pada Sebuah Proposal.


Kemajuan dunia  IT semakin bertambah pesat semenjak hadirnya sebuah Teknologi informasi dengan penggunaan internet yang benar-benar mengubah kehidupan kita semua. Tempat dan jarak yang dulu memisahkan sekarang makin tidak terasa dampaknya. Kemajuan internet pun mempengaruhi hampir setiap  kegiatan operasional di organisasi masyarakat, dan menyebabkan fenomena penggunaan awalan “e” dan online dalaam kamus bisnis. Segala kegiaatan mutakhir tersebut menjajikan efeektifitas dan efesiensi yang menakjubkan. Fenomena tersebut menyentuh dunia pendidikan dan pelatihan dengan lahirnya metode  e-learning. 
E-learning adalah pembelajaran jarak jauh (distance Learning) yang memanfaatkan teknologi komputer, jaringan komputer dan/atau Internet. E-Learning memungkinkan pembelajar untuk belajar melalui komputer di tempat mereka masing-masing tanpa harus secara fisik pergi mengikuti pelajaran/perkuliahan di kelas. dan memacu untuk melakukan kegiatan metode synchronous dan asynchronous pada e-learning.
Sebagai lembaga pendidikan perguruan tinggi, Universitas Gunadarma berperan dalam pengembangan ilmu pengetahuan khususnya di bidang Teknologi Informasi. Konsekuensi dari itu maka Universitas Gunadarma harus mampu meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan yang diselenggarakan.
Selama ini semua proses pembelajaran di Universitas Gunadarma terutama untuk mahasiswa jurusan sistem informasi masih bersifat konvensional, dengan kata lain bahwa proses belajar mengajar antara mahasiswa dengan dosen hanya dapat dilakukan dengan syarat terjadinya pertemuan antara mahasiswa dengan dosen di dalam kelas. Jika pertemuan antara mahasiswa dengan dosen tidak terjadi maka secara otomatis proses pembelajaran pun tidak dapat dilaksanakan.
Selain itu proses transfer ilmu pengetahuan hampir sepenuhnya dilakukan di dalam kelas yang menyebabkan transfer ilmu pengetahuan bisa terlambat jika pertemuan tidak terjadi. Keadaan seperti ini sangat jelas dapat menghambat proses pembelajaran di Universitas Gunadarma yang dapat berakibat kurangnya pemahaman mahasiswa terhadap suatu materi pelajaran.
Maka perlu dibuat suatu aplikasi e-Learning  berbasis web yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja sehingga mendukung proses pendidikan di Universitas Gunadarma serta mempermudah dalam penyebaran ilmu pengetahuan kepada mahasiswa jurusan sistem informasi.

0 komentar:

Posting Komentar